Friday, February 28, 2020

OPERATIONS MANAGEMENT Chapter 2 Strategi Operasi dalam Lingkungan Global

OPERATIONS MANAGEMENT Chapter 2 Strategi Operasi dalam Lingkungan Global




Pandangan Global tentang Operasi dan Rantai Pasokan

Strategi Global
   • Boeing - penjualan dan rantai pasokan ada di seluruh dunia
   • Benetton - memindahkan inventaris ke toko-toko di seluruh dunia lebih cepat dari pada pesaingnya dengan membangun fleksibilitas ke dalam desain, produksi, dan distribusi
   • Sony - membeli komponen dari pemasok di Thailand, Malaysia, dan di seluruh dunia
   • Volvo - dianggap sebagai perusahaan Swedia, baru-baru ini dibeli oleh perusahaan Cina, Geely. Volvo S40 saat ini dirakit di Belgia, Afrika Selatan, Malaysia dan Cina pada platform yang dibagikan dengan Mazda 3 yang dibangun di Jepang dan Ford Focus yang dibangun di Eropa.
   • Haier - Sebuah perusahaan Cina, memproduksi kulkas kecil (memiliki sepertiga dari pasar AS) dan lemari anggur (memiliki setengah dari pasar AS) di South Carolina

Enam alasan mengapa operasi bisnis domestik memutuskan untuk berubah ke beberapa bentuk operasi internasional :
   1. Memperbaiki rantai pasokan
   2. Mengurangi biaya (tenaga kerja, pajak, tarif, dll.)
   3. Tingkatkan operasi
   4. Memahami pasar
   5. Tingkatkan produk
   6. Menarik dan mempertahankan bakat global

Tingkatkan Rantai Pasokan
Rantai pasokan seringkali dapat ditingkatkan dengan menempatkan fasilitas di negara-negara di mana sumber daya yang unik tersedia. Sumber daya ini dapat berupa keahlian sumber daya manusia, tenaga kerja murah, atau bahan baku.

Lokasi fasilitas lebih dekat ke sumber daya unik, seperti :
Desain otomatis ke California
Produksi sepatu atletik ke Cina
Pembuatan parfum di Perancis

Mengurangi Biaya dan Pertukaran
Tingkat Risiko Banyak operasi internasional berusaha mengurangi risiko yang terkait dengan perubahan nilai mata uang (nilai tukar) serta memanfaatkan peluang nyata untuk mengurangi biaya langsung mereka.
memiliki fasilitas di negara-negara dengan mata uang yang berbeda dapat memungkinkan perusahaan untuk mengatasi risiko mata uang (dan biaya terkait) ketika kondisi ekonomi menentukan.

Tingkatkan Operasi
Operasi belajar dari pemahaman manajemen yang lebih baik inovasi di berbagai negara. Alasan lain untuk memiliki operasi internasional adalah untuk mengurangi waktu respons untuk memenuhi perubahan produk dan persyaratan layanan pelanggan. Memberikan mereka layanan yang cepat dan memadai seringkali ditingkatkan dengan menempatkan fasilitas di negara asal mereka.

Memahami Pasar
Karena operasi internasional memerlukan interaksi dengan pelanggan asing, pemasok, dan bisnis kompetitif lainnya. Pengetahuan pasar tidak hanya membantu perusahaan memahami ke mana arah pasar, tetapi juga membantu perusahaan mendiversifikasi basis pelanggan mereka, menambah fleksibilitas produksi, dan memperlancar siklus bisnis. Alasan lain untuk pergi ke pasar luar negeri adalah kesempatan untuk memperluas siklus hidup  dari produk yang sudah ada.

Tingkatkan Produk
Belajar tidak terjadi secara terpisah. Perusahaan melayani diri mereka sendiri dan pelanggan mereka dengan baik ketika mereka tetap terbuka terhadap aliran ide yang bebas. Demikian pula, pembelajaran internasional dalam operasi berlangsung ketika Samsung Korea Selatan dan Robert Bosch Jerman bergabung untuk memproduksi baterai lithium-ion untuk kepentingan keduanya.

Menarik dan Mempertahankan Bakat Global
Organisasi global dapat menarik dan mempertahankan karyawan yang lebih baik dengan menawarkan lebih banyak peluang kerja. Perusahaan global dapat merekrut dan mempertahankan karyawan yang baik karena mereka memberikan peluang pertumbuhan yang lebih besar dan isolasi terhadap pengangguran selama masa krisis ekonomi. Jadi, untuk merangkum, berhasil mencapai keunggulan kompetitif di dunia kita yang menyusut berarti memaksimalkan semua peluang yang mungkin, dari berwujud menjadi tidak berwujud, yang dapat ditawarkan oleh operasi internasional.

Masalah Budaya dan Etika
Meskipun ada kekuatan besar yang mendorong perusahaan menuju globalisasi, banyak tantangan tetap ada. Salah satu tantangan ini adalah mendamaikan perbedaan dalam perilaku sosial dan budaya. Terlepas dari perbedaan budaya dan etika, kita hidup dalam periode mobilitas modal, informasi, barang, dan bahkan orang yang luar biasa. Kita bisa berharap ini berlanjut. Sektor keuangan, sektor telekomunikasi, dan infrastruktur logistik dunia adalah lembaga sehat yang mendorong penggunaan modal, informasi, dan barang secara efisien dan efektif. Globalisasi, dengan segala peluang dan risikonya, ada di sini. Itu harus dianut ketika para manajer mengembangkan misi dan strategi mereka.

Mengembangkan Misi dan Strategi

Misi adalah tujuan atau alasan keberadaan organisasi.
Strategi adalah bagaimana suatu organisasi mengharapkan untuk mencapai misi dan tujuannya. Strategi ini memanfaatkan peluang dan kekuatan, menetralisir ancaman, dan menghindari kelemahan.
kombinasi dari ketiga konsep strategis ini dapat menghasilkan sistem yang memiliki keunggulan unik
lebih dari pesaing. Yaitu :
   1. lebih baik, atau paling tidak berbeda,
   2. lebih murah, dan
   3. lebih responsif.

Mencapai Keunggulan Kompetitif Melalui Operasi
    Keunggulan kompetitif yaitu, penciptaan keunggulan unik atas pesaing.
    Diferensiasi yaitu, membedakan penawaran suatu organisasi dengan cara yang dirasakan oleh pelanggan sebagai nilai tambah.
    Diferensiasi pengalaman: melibatkan pelanggan dengan produk melalui penggunaan panca indera secara imajinatif, sehingga pelanggan “mengalami” produk tersebut.
    Kepemimpinan berbiaya rendah: mencapai nilai maksimum, seperti yang dirasakan oleh pelanggan.
    Respons: Seperangkat nilai yang terkait dengan kinerja yang cepat, fleksibel, dan andal.

Masalah Dalam Strategi Operasi

Pandangan sumber daya
Pandangan di mana manajer mengevaluasi sumber daya yang mereka miliki dan mengelola atau mengubahnya untuk mencapai keunggulan kompetitif.
Analisis rantai nilai
Suatu cara untuk mengidentifikasi elemen-elemen dalam rantai produk / layanan yang secara unik menambah nilai.

Model lima kekuatan
Suatu cara untuk menganalisis lima kekuatan dalam lingkungan kompetitif. Pasukan dalam model lima kekuatan Porter adalah (1) saingan langsung, (2) calon potensial, (3) pelanggan, (4) pemasok, dan (5) produk pengganti.
Berbagai masalah ditekankan selama berbagai tahap siklus hidup produk:
   • Pendahuluan — Strategi Perusahaan: Periode terbaik untuk meningkatkan pangsa pasar, rekayasa R&D sangat penting. Strategi OM: Desain produk dan pengembangan penting, produk sering dan perubahan desain proses, berjalan produksi pendek, biaya produksi tinggi, model terbatas, perhatian terhadap kualitas.
   • Pertumbuhan — Strategi perusahaan: Praktis untuk mengubah harga atau kualitas gambar, memperkuat niche. Strategi OM: Peramalan kritis, keandalan produk dan proses, peningkatan dan pilihan produk kompetitif, peningkatan kapasitas, pergeseran ke arah fokus produk, peningkatan distribusi.
   • Kedewasaan — Strategi perusahaan: Waktu yang buruk untuk mengubah citra atau harga atau kualitas, biaya kompetitif menjadi penting, mempertahankan posisi pasar. Strategi OM: Standarisasi, perubahan produk yang kurang cepat (perubahan yang lebih kecil), kapasitas optimal, peningkatan stabilitas proses, proses produksi yang lama, peningkatan produk, dan pemotongan biaya.
   • Tolak — Strategi perusahaan: Kontrol biaya sangat penting. Strategi OM: Sedikit diferensiasi produk, minimalisasi biaya, kelebihan kapasitas dalam industri, prune line untuk menghilangkan barang yang tidak menghasilkan margin yang baik, mengurangi kapasitas.

Pengembangan Strategi Dan Implementasi

Analisis SWOT: Metode untuk menentukan kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal.
Key success factor (KSFs): Kegiatan atau faktor yang merupakan kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif.
Kompetensi inti: Serangkaian keterampilan, bakat, dan aktivitas unik yang dilakukan perusahaan dengan sangat baik. Kompetensi inti dapat merupakan kombinasi dari KSF.
Peta aktivitas: Tautan grafis keunggulan kompetitif, KSF, dan aktivitas pendukung.

Perencanaan Strategis, Kompetensi Inti, Dan Outsourcing

Outsourcing : Pengadaan dari sumber eksternal layanan atau produk yang biasanya merupakan bagian dari organisasi.
Teori keunggulan komparatif: Teori yang menyatakan bahwa negara-negara diuntungkan oleh spesialisasi dalam (dan mengekspor) produk dan layanan di mana mereka memiliki keunggulan relatif dan mengimpor barang-barang di mana mereka memiliki kerugian relatif. Mungkin setengah dari semua perjanjian outsourcing gagal karena perencanaan yang tidak tepat dan analisis.
Potensi risiko outsourcing meliputi:
   • Penurunan kualitas atau layanan pelanggan
   • Serangan politik yang dihasilkan dari outsourcing ke luar negeri
   • Dampak negatif terhadap karyawan
   • Kompetisi potensial di masa depan
   • Peningkatan biaya logistik dan persediaan
Alasan paling umum yang diberikan untuk kegagalan outsourcing adalah bahwa keputusan itu dibuat tanpa pemahaman dan analisis yang memadai.
Metode faktor-peringkat adalah alat yang sangat baik untuk berurusan dengan kedua penilaian risiko negara dan masalah pemilihan penyedia.

Opsi Strategi Operasi Operasi Global

Bisnis internasional: Perusahaan yang melakukan transaksi lintas batas.
Perusahaan multinasional (MNC): Sebuah perusahaan yang memiliki keterlibatan luas dalam bisnis internasional, memiliki atau mengendalikan fasilitas di lebih dari satu negara.
Keempat strategi operasi untuk mendekati peluang global dapat digolongkan menurut respons lokal dan pengurangan biaya:
   • Strategi internasional — Strategi di mana pasar global ditembus dengan menggunakan ekspor dan lisensi dengan sedikit responsif lokal.
   • Strategi multidomestik — Strategi di mana keputusan operasional didesentralisasi ke setiap negara untuk meningkatkan daya tanggap lokal.
   • Strategi global — Strategi di mana keputusan operasional dipusatkan dan kantor pusat mengoordinasi standardisasi dan pembelajaran antar fasilitas.
   • Strategi transnasional — Strategi yang menggabungkan manfaat efisiensi skala global dengan manfaat responsif lokal. Perusahaan-perusahaan ini melampaui batas-batas nasional.

Daftar Pustaka

Heizer, Render, Munson. 2017. Operations Management Substainably and Supply Chain Management. e-Book.

No comments:

Post a Comment

OPERATIONS MANAGEMENT Chapter 4 Forecasting

OPERATIONS MANAGEMENT Chapter 4 Forecasting Apa Peramalan Itu      Manajer selalu berusaha membuat estimasi yang lebih ba...